Orang termiskin yang aku ketahui adalah orang yang tidak mempunyai apa-apa kecuali uang - John D.Rockefeller

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Nutrisi Ibu Hamil

Nutrisi ibu hamil pada masa trimester 1, pertumbuhan janinmemangvelum secpat di trimester berikutnya. Namun,penting diingatbahwa trimester pertama kehamilan merupakan masa kritis, saat ini sedang terjadi permbentukan dan pertumbuhan otak, saraf, jantng dan organ-oragan reproduksi janin. Bahkan, di akhir trimester ini sudah terjadi masa puncak pertumbuhan otak, dan plasenta sudah terjadi mulai terbentuk. Bila kecukupan zat gizi terabaikan, tumbuh kembang janin terganggu, berat lahir rendah, atau bayi lahir prematur. Selain memperhatikan gizi seimbang anda sebaiknya perhatikan lebih pada beberapa jenis zat gizi berikut ini:

Asam Folat
vitamin ini memegang peranan penting sejak sebelum hamil dan selama kehamilan berlangsung, terutama pada trimester pertama. Asam folat sangat besar peranannya dalam pertumbuhan sistem saraf pusat, kekurangan zat gizi ini pada awal kehamilan ,antara lain dapat menyebabkan spina bifida (tidak tertutupnyaruas tulang belakang janin), cacat jantung bawaan, bibir sumbing, dan jumlah jari-jari tangan yang kurang. bahkan , mungkin janin lahir prematur ataulahir sesudah meninggal. Jadi, pastikan anda cukup mengkonsumsi kebutuhan asam folat sebanya 0,3 milligram sehari. Bila perlu konsumsi suplemen yang tentunya harus dikonsultasikan dulu dengan dokter.

Vitamin B12
selain asam folat (vitamin B9), vitamin B12 juga penting dalam tiga bulan pertama kehamilan ini. tugas vitaminini adalah menjagaberbafai sel terutama sel-sel disumsum tulang belakang, sistem urat saraf dan saluran pencernaan agar berfungsi dengan normal.
Jumlah kecukupan vitamin B12 bagi ibu hamil adalah sektar 1,3 milligram sehari. Anda dapat memenuhinya dengan konsumsi hasil ternakdan peroduk olahannya, produk nabati bukan sumber vitamin B12 yang terlalu baik, kecuali produk olahan kacang kedelai seperti tempe dan tahu.

Vitamin C
Fungsi vitamin ini dalam kehamilan untuk membantu enzimdalam berbagai proses metabolisme, manfaat lain vitamin C adalah meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh. Mengingat vitamin C tidak dapat disimpan dalam tubuh dan terbuang bersama urine , ada baiknya ibu hamil memenuhi kebutuhan vitamin ini sejumlah 70 milligram dalam sehari.

Vitamin D
Vitamin ini berfungsi memperbaiki penyerapan kalsium dan membantu keseimbangan mineral dalam darah, urangnya vitamin D bagi ibu hamil dapatmenyebabkan gangguan pada penyerapan kalsium dalam pencernaan, padahal kalsium ini banyak manfaatnya baik bagi ibu hamil maupun janin.
Makan makanan yang kaya akan lemak seperti susu, telur, mentega, ikan tuna adalah sumber bahan makanan terbak untuk vitamin D, jumlah vitamin D yang dianjurkan pada ibu hamil adalah sekitar 10 mikrogram dalah sehari.

Zat seng (Zn)
Zat gizi ini terlibat dalam stuktur dan fungsi sel membran serta produksi 200 enzi. Selain itu, seng juga membantu kalsium untuk membentuk tulang yang kuat, serta mengontrol proses perpaduan protein yang berperan dalam perumbuhan tulang janin. Angka kecukuan rata-rata seng yang diperlukan ibu hamil adalah 20mg/hari. Bila julah tersebut tidak terpenuhiselain terganggu tumbuh kembangnya, janin juga rentan terhadap infeksi dan lahir dengan berat badan rendah.
Bahan makanan yang kaya akan zat seng adalah kerang-kerangan dan daging merah seperti kambing dan sapi, secara umum zat seng yang terdapa pada bahan makanan hewani akan lebih mudah diserap oleh tubuh dibandingkan dengan zat seng yang berasal dari nabati.

sepertinya itu dulu untuk hari ini, jangan lupa berikutnya baca artikel saya
- asam lemak tak jenuh untuk pertumbuhan otak
- makanan yang harus dihindari
- jangan sembarang minum obat

+ Add Your Comment

Tinggalkan komentar,kritik dan saran untuk membangun site ini menjadi lebih baik.
[No]Sara! [No]Porn! [No]Bad Words!
PS-Crew akan memantau dan menghapus commet yang tidak layak [Thanks!]

Profil

My Photo
Putra
Ya inilah saya.. masih belajar tentang blog dan posting, jadi kalau ada yang kurang dalam blog saya mohon untuk dikasih masukan.. Jadi saya harap kepada teman semua jangan sungkan-sungkan untuk memberikan komentar di setiap postingan saya ya.. Terimakasih
View my complete profile
SEO Stats powered by MyPagerank.Net