Orang termiskin yang aku ketahui adalah orang yang tidak mempunyai apa-apa kecuali uang - John D.Rockefeller

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Cara Membagi Bandwidth

Semalam ada sms ke inbox saya dari seorang teman yang baru membuat warnet menggunakan Speedy TP-LINK TL-SF1016D, saya tau jenis modemnya ini karna yang setting billinya juga saya, jadi ya sambil setting billing sempet juga lihat lihat jenis modemnya, Baiklah langsung saja mari kita baca tutorialnya sebagai berikut,

Sebenarnya ada dua cara mengontrol bandwidth:
1. Setting pada menu OS
2. Dengan software cari aja "control bandwidth"

tapi disini saya akan membahas langkah pertama, yaitu setting melalui Operating Systemnya (OS), langkah langkahnya adalah ;

1. Klik Menu Start di kiri bawah layar monitor komputer anda
2. Pilih menu RUN
3. Ketik gpedit.msc
4. setelah keluar kotak "Group Policy" cari "Computer Configuration"
5. Klik 2x "Network"
6. Pilih "QoS packet scheduler"
7. Klik 2x "Limit Reservable Bandwidth"
8. jadikan dari "Not Configured" manjadi "Enable"
9. Lihat tabel di bawah tulisan akan muncul= bandwidth Limit %
10. isikan nilai % nya, biasanya akan otomatis jadi 20%
11. nah jika kita mau tiap komputer masing-masing user client ingin diberi 10% maka kita tinggal isi kotak itu menjadi 90%, jika tiap komputer ingin akses bandwidth 20% maka tinggal kita isi kotak kecil tadi dengan angka 80%.
12. klik "Apply" lalu di "OK"

Nah jika anda menggunakan speedy paket executive yg 2mbps up nya 512, dan menggunakan 15 komputer termasuk Server maka point balck nya agar bagus adalah 64:64, yang artinya tiap komputer mendapat 133,3 bps atau 6,7% bandwidth dari yang digunakan dari total 2 Mbps.

NNote : idealnya untuk speed 2Mbps didistribusikan untuk 10 komputer.

nah.. mudah sekali bukan, selamat mencoba dan semoga berhasil

8 Comments

  1. wah ini kalo yang buat jaringan komputer.. :)

  2. Anonymous

    yes anda benar :)

  3. benar sekali, yang saya lakukan adalah mensetting jaringannya langsung lewat server, terimakasih atas umpan baliknya brader ^_^

  4. nice turorial nda.... makasih

  5. sama-sama syahida ^_^ makasih komentnya ya...

  6. kalau saya seh menggunakan software bawaan daribiling warnetnya, soalnya lbh mudah dipakai

  7. Numpang Promosi
    Menyediakan jasa perawat bayi dan lansia
    http://alamdewa-ad.blogspot.com/2010/11/lpk-kharisma-citra-bunda.html

  8. @Ocim: nah gitu juga bisa gan... tergantung keinginan kita aja, klo g mau pusing² ya pake cara yang kita paham aja
    @alam: terimaksih kunjungannya, semoga laris lapaknya ^_^

+ Add Your Comment

Tinggalkan komentar,kritik dan saran untuk membangun site ini menjadi lebih baik.
[No]Sara! [No]Porn! [No]Bad Words!
PS-Crew akan memantau dan menghapus commet yang tidak layak [Thanks!]

Profil

My Photo
Putra
Ya inilah saya.. masih belajar tentang blog dan posting, jadi kalau ada yang kurang dalam blog saya mohon untuk dikasih masukan.. Jadi saya harap kepada teman semua jangan sungkan-sungkan untuk memberikan komentar di setiap postingan saya ya.. Terimakasih
View my complete profile