Orang termiskin yang aku ketahui adalah orang yang tidak mempunyai apa-apa kecuali uang - John D.Rockefeller

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Tips Kebersihan Baby



Bayi Bersih dan Sehat

Sepuluh jari tangan, sepuluh jari kaki –dan 20 kuku termungil yang pernah Anda lihat. Hidung pesek, telinga imut, simpul tali pusar dan luka sunat yang masih segar, wajarlah bila Anda merasa sedikit cemas. Meski Anda telah membaca semua buku tentang bayi, mungkin Anda masih bertanya-tanya tentang cara menangani bagian-bagian tubuh bayi yang paling sensitif. Kuasai hal-hal terpelik tentang kebersihan bayi dengan tip-tip berikut ini.

KOTORAN TELINGA
Aturan #1: Jangan pakai cotton bud. Jadi, bagaimana membersihkan telinga? Biasanya kami sarankan para orang tua untuk tidak mengutak-atik kotoran telinga sama sekali,” ujar David Stevens, MD, asisten profesor bidang kesehatan anak di Albert Einstein College of Medicine, New York City. “Kotoran telinga tidak mengganggu anak, tidak mengakibatkan infeksi telinga dan tidak akan mempengaruhi pendengarannya.” Kotoran telinga adalah substansi normal dan membantu menjaga kuman serta benda asing tidak memasuki bagian dalam telinga. Pada saatnya, kotoran itu akan keluar sendiri, entah Anda melihatnya atau tidak.
Tip cepat: Basuh telinganya setiap hari dengan waslap hangat. Jangan memasukkan apapun ke dalam kanal telinga karena bisa merusak gendang telinga.

HIDUNG TERSUMBAT
Bayi tidak bisa membuang ingus sendiri, dan mereka kesulitan bernapas lewat mulut pada bulan-bulan pertama. Yang rumit adalah, bayi yang baru lahir mudah mengalami hidung tersumbat. Masukkan bulb syringe, alat isap dari plastik yang digunakan di rumah sakit. Gunanya untuk mengisap lendir dari hidung bayi. “Tapi sebelum menggunakan bulb syringe, tanyakan kepada diri Anda sendiri, ‘Apakah keadaan ini mengganggu dia, atau justru saya,’” kata Laura Jana, MD, salah seorang penulis Heading Home with Your Newborn: From Birth to Reality. Secara alami, suara napas bayi terdengar ribut, tapi Anda akan tahu apakah dia terganggu bila dia sulit tidur atau susah makan.
Tip cepat: Tahan bulb di telapak tangan dengan ujung pipet di antara jari tengah dan telunjuk. Gunakan jempol Anda untuk mengeluarkan udara, kemudian, masih dengan ibu jari menekan ke bawah, masukkan ujung pipet sekitar ½-1 cm ke dalam hidung. Perlahan lepaskan jempol Anda untuk menarik lendir. Lalu semprotkan lendir ke tisu dan biarkan bayi Anda bernapas dulu sebelum mengisap lendir di lubang hidung lain. Batasi proses ini 2-3 kali sehari. Jika berlebihan bisa mengakibatkan membran pernapasan menjadi bengkak dan meningkatkan penyumbatan. Mintalah dokter Anda untuk meresepkan tetes saline untuk mengencerkan lendir sebelum penyedotan.

Jangan pakai obat flu untuk mengatasi hidung tersumbat, obat itu kerap tidak bekerja dan bisa berbahaya.

+ Add Your Comment

Tinggalkan komentar,kritik dan saran untuk membangun site ini menjadi lebih baik.
[No]Sara! [No]Porn! [No]Bad Words!
PS-Crew akan memantau dan menghapus commet yang tidak layak [Thanks!]

Profil

My Photo
Putra
Ya inilah saya.. masih belajar tentang blog dan posting, jadi kalau ada yang kurang dalam blog saya mohon untuk dikasih masukan.. Jadi saya harap kepada teman semua jangan sungkan-sungkan untuk memberikan komentar di setiap postingan saya ya.. Terimakasih
View my complete profile