Orang termiskin yang aku ketahui adalah orang yang tidak mempunyai apa-apa kecuali uang - John D.Rockefeller

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Tips Kebersihan Baby 2



TALI PUSAR

“Selama bertahun-tahun, standar merawat tali pusar adalah dengan alkohol,” kata Debbie Thompson, praktisi keperawatan bidang kesehatan anak di Children’s Medical Center, Dallas. Kemudian, studi Journal of Obstetrics, Gynecologic, & Neonatal Nursing menemukan bahwa alkohol tidak memberi keuntungan, dan jika dibiarkan tanpa alkohol, tali pusar justru akan lepas 2-3 hari lebih cepat.
Tip cepat: Biarkan simpul tali pusar bersih dan kering, tapi jangan panik jika tiba-tiba basah. Usap saja dengan kain bersih perlahan-lahan. Lipat popok ke bawah untuk menghindari tekanan dan meningkatkan aliran udara, dan hubungi dokter jika simpul mengeluarkan bau, lembek, atau masih menempel setelah 3 minggu.

KUKU PANJANG
Sebagian bayi sudah siap untuk manicure pertama begitu lahir. Cara paling aman adalah menggunakan kikir atau pemotong kuku khusus untuk bayi. “Jangan pernah memakai gunting kuku Anda atau gunting kuku orang dewasa,” kata Thompson. “Kuku bayi yang baru lahir setipis tisu sehingga bisa saja kulit jarinya turut tergunting jika Anda menggunakan gunting kuku orang dewasa.”
Tip cepat: Kikir kuku bayi untuk menghaluskan ujung-ujung yang tajam. Jangan coba menyobek atau menggigit kukunya. “Risikonya, Anda akan melepas lebih banyak dari yang seharusnya, mengakibatkan perih dan kemungkinan infeksi,” kata Thompson. Sebaiknya, gunting atau kikir kuku saat bayi sedang tidur. Jadwalkan untuk menggunting kukunya seminggu sekali.

LUKA SUNAT
Perbedaan teknik sunat membutuhkan penanganan berbeda. Teknik yang paling umum melibatkan penggunaan Plastibell atau Gomco. “Bicaralah dengan orang yang menyunat bayi Anda untuk mencari tahu cara mengatasi luka ini,” kata Thompson.
Tip cepat: Bila bayi Anda disunat dengan Plastibell, Anda akan melihat adanya cincin plastik di sekitar kepala penisnya. Biarkan saja karena cincin itu akan jatuh dalam seminggu sampai 10 hari. Jika tidak ada cincin, oleskan petroleum jelly atau salep antibiotika tiap kali mengganti popok dalam 24-48 jam pertama untuk melindungi penis dan mengurangi tekanan. Kepala penis akan tetap merah dan bengkak selama 4-5 hari. Sekitar hari ke-3, lapisan berwarna kuning akan terbentuk. Ini normal. Hubungi dokter Anda bila melihat pendarahan atau tanda-tanda infeksi (misalnya semakin memerah, bengkak, panas, atau bernanah).

Cara Mengukur Suhu Lewat Dubur
Suka atau tidak, termometer rektal adalah standar terbaik untuk bayi di bawah usia 1 tahun. Termometer telinga, termometer berbentuk empeng, forehead strip, bahkan termometer ketiak tidak begitu akurat. Pembacaan suhu bisa bervariasi dari 0,5 sampai 1 derajat, dan hasilnya bisa berbeda. “Demam pada bayi bisa sangat gawat,” kata Dr. David Stevens. “Anda tentu ingin benar-benar akurat.”
Mengukur suhu melalui dubur tidaklah sulit. “Mintalah dokter anak Anda untuk menunjukkan caranya,” saran Dr. Laura Jana. “Lebih baik bertanya sekarang ketimbang saat Anda panik karena tubuh anak panas tinggi dan dia muntah.” Termometer digital sekarang lebih lembut, ujungnya fleksibel, dan menampilkan hasil dalam hitungan detik. Cukup balurkan petroleum jelly atau pelumas berbahan air lalu di bagian ujung, lalu masukkan sedalam 1-2 cm (posisi mengganti popok adalah posisi ideal). Tahan termometer dengan menekan kedua bokong bayi hingga muncul angka petunjuk suhu. Hubungi dokter bila suhu anak lebih dari 38 derajat C atau di bawah 36 derajat C

+ Add Your Comment

Tinggalkan komentar,kritik dan saran untuk membangun site ini menjadi lebih baik.
[No]Sara! [No]Porn! [No]Bad Words!
PS-Crew akan memantau dan menghapus commet yang tidak layak [Thanks!]

Profil

My Photo
Putra
Ya inilah saya.. masih belajar tentang blog dan posting, jadi kalau ada yang kurang dalam blog saya mohon untuk dikasih masukan.. Jadi saya harap kepada teman semua jangan sungkan-sungkan untuk memberikan komentar di setiap postingan saya ya.. Terimakasih
View my complete profile
SEO Stats powered by MyPagerank.Net