Orang termiskin yang aku ketahui adalah orang yang tidak mempunyai apa-apa kecuali uang - John D.Rockefeller

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Manfaat Bawang Merah dan Bawang Putih

Sebelumnya terimakasih untuk yang melawat ke blog ini dan bertanya dikolom chat box, saya sangat antusias dengan hal-hal semacam ini untuk menambah wawasan kita dalam berbagai hal... jadi saya sendiri juga bisa lebih banyak membaca dan saling share ...

kali ini saya akan memberikan sedikit pencerahan kepada

@YUDI PRAMONO: apakah bawang putih dan merah jika saya konsumsi tiap hari bisa bantu atasi pegal pegal ?

mengenai pertanyaan ini sebenarnya banyak sekali website kesehatan yang menulis hal-hal sepele, namun karna hal tersebut menjadikan topik yang bagus maka berikut adalah khasiat dari bawang merah dan bawang putih itu sendiri


Manfaat dan khasiat Bawang Putih Untuk Tubuh

Bawang putih memiliki sejumlah  khasiat yang baik untuk tubuh, baik untuk daya tahan tubuh dan juga untuk mengobati beberapa macam penyakit :
  • Menghambat penurunan fungsi otak dan sistem kekebalan tubuh.
  • Memperlambat proses penuaan.
  • Menkonsumsi bawang putih dapat membantu menurunkan kolesterol  Serta dapat menjauhkan tubuh dari kemungkinan penyakit jantung.
  • Membantu meredakan depresi, stress, dan kecemasan.
  • Zat anti kolesterol yang terkadung didalamnya ( ajoene) dapat mencegah penggumpalan pada darah.
  • Mengandung Vitamin A, B, dan C yang berguna untuk tubuh.
  • Meringankan tukak lambung dan  mengobati tekanan darah tinggi.
  • Dapat meningkatkan jumlah insulin dalam darah yang baik bagi penderita diabetes.
  • Bersifat Detokifier yang dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit.serta dapat melumpuhkan radikal bebas yang berakibat negatif bagi tubuh.
  • Meningkatkan nafsu makan dan juga menjaga stamina tubuh.
  • Beberapa komponen dalam bawang putih yaitu allyl sulfur (diallyl sulfide, diallyl trisulfide, diallyl disulfide, S-allyl cysteince, S-allylmercaptocysteine), ajoene, dan allicin dapat membantu mencegah pembentukan dan pengaktifan nitrosamine dalam tubuh, Juga memblokir azoxymethane, aflatoxin, benzo(a) pyrene, dan lainnya yang kesemuanya itu merupakan zat karsinogen yang merupakan zat pemicu timbulnya kanker terutama kanker usus, dan kanker perut (rumahkaker.com).
  • Kandungan sulfur dan phytochemical  yang terdapat dalam bawang putih dapat membunuh bakteri dan virus penyebab flu dan batuk.
  • Menyembuhkan wasir (dengan cara mengoleskan beberapa siung bawang putih yang sudah dimemarkan terlebih dahulu di sekitar anus).
  • Anti oksidan bawang putih dapat menyembuhkan infeksi / sakit pada telinga. Cara pengobatannya yaitu dengan meneteskan sekitar dua / tiga tetes minyak bawang putih hangat hasil ekstrak kedalam telinga anda.
 sumber


Beberapa manfaat bawang merah

bagi tubuh antara lain :                   
  • Bawang merah memiliki sifat minyak yang mudah menguap.minyak ini terkandung dalam air bawang merah.Fungsi dari zat ini yaitu untuk membunuh sebagian besar mikroba staphylococci,termasuk mikroba streptococci yang dapat menyebabkan penyakit radang pada torak dan kerongkongan.
  • Dengan mengirup aroma bawang merah atau memakannya dapat menyebabkan minyak yang mudah menguap yang mengandung sulfat masuk kedalam darah, fungsinya untuk membunuh mikroba yang bisa menyebabkan penyakit
  • Bawang merah dapat membunuh mikroba diphtreria, amuba disentri, dan mikroba TBC dalam waktu singkat.
  • Dapat mengaktifkan gerakan lambung
  • Mengunyah bawang merah selama beberapa menit dapat membantu membersihkan mulut dari mikroba termasuk mikroba diphtheria.
  • Bawang merah dapat meminimalisir terjadinya pembekuan darah dengan cara mengkonsumsi bagian umbi yang masih mentah maupun yang sudah masak dengan mencampurnya dengan keju.
  • Dengan meletakkan bawang merah sebagai kompres dibagian tertentu di tubuh,bisa menyembuhkan beberapa jenis penyakit.Cara membuat kompresan ini yaitu dengan memotong-motong bawang merah menjadi beberapa potongan kecil lalu dipanaskan, Proses selanjutnya yaitu dengan meletakkan kompresan tersebut di daerah yang hendak diobati, lalu diikat dengan kain. Lakukan pergantian perban setiap 12 jam.Beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan cara ini yaitu antara lain : Untuk menyembuhkan batuk rejan dan radang paru,caranya meletakkan kompresan di bagian dada. Untuk melancarkan buang air kecil, dengan meletakkan kompresan di atas ginjal dan kantong kemih. Untuk menyembuhkan gangguan pada fungsi pengaturan darah, caranya dengan meletakkan kompresan di bagian atas telapak kaki. Untuk mengeluarkan nanah dan darah kotor, Caranya dengan meletakkan kompresan dibagian atas luka.
  • Untuk mengobati kalu dan mata ikan pada kaki, Caranya dengan membubuhkan bawang merah yang sudah dipotong-potong terlebih dahulu disekitar kalu atau mata ikan yang dilakukan pada sore hingga pagi. Ulangi langkah tersebut hingga kalu atau mata ikan terlepas dari kaki.
  • Air dari perasan bawang merah bisa digunakan sebagai penghilang rasa sakit pada bagian tubuh yang terluka.
  • Mengobati pecah-pecah pada puting dan wasir, caranya dengan menghaluskan bawang merah dengan cara ditumbuk,lalu mencampurnya dengan minyak Zaitun.
  • Fungsi bawang merah lainnya yaitu untuk menghilangkan cacing pada anak-anak. Cara pengobatannya yaitu dengan memberikan air seduhan dari potongan-potongan bawang merah yang disimpan selama satu malam, sebelum diminumkan kepada si anak, tambahkan terlebih dahulu madu kedalam minuman tersebut .Proses pemberian air seduhan ini dilakukan terus hingga cacing- benar-benar keluar seluruhnya. Bawang merah juga bisa menghilangkan cacing dilambung dan mengobati wasir dengan
  • Mengobati Rasa pusing dan pingsan, caranya dengan menghirup aroma bawang merah tersebut.Bau menusuk dari bawang merah ini dapat merangsang peredaran darah dan fungsi-fungsi syaraf.
  • Kegunaan bawang merag lainnya yaitu  bisa menurunkan tingkat gula darah dalam darah,juga untuk menyembuhkan penyakit flu yang anda derita. Selain itu, bila dicampur di makanan pembuka, akan sangat baik sekali untuk kesehatan tubuh anda,Hal ini dikarenakan kandungan zatnya dapat membantu proses pencernaan dalam tubuh anda dengan baik.
sumber

Nah semoga bermanfaat untuk kita semua... Semua Problema insyaallah ada Solusinya....

2 Comments

  1. terimakasih mbak Dera, maaf nih baru mencoba aktif ngeblog lagi setelah pasif sekitan tahun hehehehe.... kalau obat kangker payudara kalau saya sendiri jujur tidak terlalu mengerti karna basic saya adalah sharing informasi, jadi yang sudah pernah saya temui dari rekan teman, ada beberapa 3 cara sih.. yaitu lewat jalur herbal, medis, dan alternatif.. kalau boleh tau nih mbak dera sendiri tinggal di kota mana ya... siapa tau saya ada rekan di area situ yg bisa membantu
    ....

+ Add Your Comment

Tinggalkan komentar,kritik dan saran untuk membangun site ini menjadi lebih baik.
[No]Sara! [No]Porn! [No]Bad Words!
PS-Crew akan memantau dan menghapus commet yang tidak layak [Thanks!]

Profil

My Photo
Putra
Ya inilah saya.. masih belajar tentang blog dan posting, jadi kalau ada yang kurang dalam blog saya mohon untuk dikasih masukan.. Jadi saya harap kepada teman semua jangan sungkan-sungkan untuk memberikan komentar di setiap postingan saya ya.. Terimakasih
View my complete profile
SEO Stats powered by MyPagerank.Net